Yang lagi Hits

Monday, September 14, 2009

Cara menghadapi Virus Komputer

Seperti telah kita ketahui, bahwa virus komputer sebenarnya juga termasuk program komputer biasa. Perbedaan mendasar dengan program lainnya adalah virus dibuat untuk menulari program lainnya, mengubah, memanipulasi, atau bahkan merusak. Yang perlu dicatat adalah virus hanya akan menular jika program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dieksekusi.

Bagaimana jika virus tersebut ternyata telah bersarang di PC/Laptop kita dan mengobrak-abrik serta merusak system operasinya.

Berikut ini tips sederhana menghadapi virus

1. Gunakan antivirus yang bisa dipercaya dengan update terbaru. Terserah merek yang mana. Mau pakai Kaspersky, Avira, Avast, AVG, Bitdefender, McAfee, Norton, PC MAV, silahkan saja. Namanya juga kesenangan/kecocokan pasti masing-masing orang akan berbeda. Tapi yang penting adalah selalu di update dan auto protect diaktifkan, komputer akan terlindungi.
2. Scanning semua media internal dan penyimpanan eksternal yang akan digunakan. Paling tidak seminggu sekali.Mungkin ini sedikit merepotkan, tapi jika auto protect antivirus bekerja, prosedur ini bisa dilewatkan. Selain itu, media removable baiknya di off kan saja auto play nya.
3. Apabila PC/Laptop terhubung ke internet, coba kombinasikan antivirus internet security dengan firewall, anti spyware, anti spamming dan sebagainya.
4. Selalu waspada terhadap file yang mencurigakan, misal saja file dengan 2 exstension atau file executable yang kamu curigai.
5. Pilih lah sofware freeware atau shareware dari situs resmi yang kamu percaya.
6. Hindari membeli barang bajakan. Gunakan sofware open source.

Langkah-Langkah Jika Telah Terinfeksi.
Memang dengan diinstal antivirus, anti spyware, firewall tidak menjamin akan terbebas 100% dari yang namanya virus. Jika masih tetap bisa ditembus walaupun sudah diantisipasi dengan berbagai cara, langkah selanjutnya coba yang ini :

* Deteksi dan tentukan letak sumber virus, apakah di flash disk, jaringan, email, dll. Jika terhubung ke jaringan, sebaiknya isolasi komputernya dulu (bisa dengan melepas kabel atau mendisable sambungan internet dari control panel).
* Identifikasi dan klasifikasi jenis virus yang menyerang PC/Laptop, dengan cara memperhatikan gejala yang di timbulkan, misalnya pesan, file yang corrupt atau hilang dan sebagainya.
* Scan dengan antivirus yang ada. Apabila sudah terinfeksi, gunakan scan anti virus dengan melalui/menggunakan cd.Tentunya File-file anti virus tersebut harus di burning terlebih dahulu kedalam cd.
* Apabila segala upaya diatas tidak bisa lagi lakukan, format ulang komputer dan instal operasi yang baru. Ada baiknya dibackup dulu file yang dirasa penting.



0 comments:

Post a Comment